Pengertian BadSector Beserta Solusinya !


Apa itu Bad Sector? 
Bad Sector adalah kumpulan data kecil di harddisk anda yang tidak dapat di baca. lebih dari itu , Bad sector bisa menyebabkan kerusakan kepada harddisk anda (tidak bisa di baca) jika mereka terus bertambah seiring waktu.
Bad sector sendiri adalah masalah umum yang biasa terjadi di komputer yang normal dan bisa terjadi di komputer manapun , Namun ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda ambil untuk mencegah terjadinya Bad sector pada harddisk anda dan bisa memperbaiki data yang anda punya

Apa itu Sector, dan bagaimana Bad Sector pada harddisk terjadi?
Sector adalah unit informasi sederhana yang tersimpan di harddisk anda. Lebih dari itu mereka adalah susunan informasi yang menyatu menjadi rapi dan menjadi "sector". Ukuran standar Sector adalah 512 byte

Di bawah ini adalah Contoh masalah yang bisa menyebabkan harddisk terkena bad sectors:
  1. Mematikan Windows dengan tidak benar
  2. Cacat dari harddisk, Termasuk pemakaian umum pada permukaan, Udara kotor (seperti debu) yang masuk ke dalam unit, atau "Kepala"(benda untuk menulis/membaca di dalam harddisk) di dalam harddisk  Menyentuh permukaan "Piringan"(benda yang seperti kaset di dalam harddisk)
  3. Kualitas hardware buruk atau sudah tua, termasuk kipas prosesor yang buruk, menghindari kabel data, hard drive kepanasan;
  4. Malware.
Ada 2 jenis Bad Sector, yaitu Hard dan Soft.
Hard bad sectors biasanya di sebabkan oleh kerusakan fisik (bisa terjadi karena head terbentur).
Jika komputer anda tergoncang saat hardisk anda menulis data, terkena panas yang berlebih, atau hannya kesalahan bagian mekanik yang membuat "Kepala" menyentuh lapisan "Piringan",sebuah "hard bad sector" mungkin akan terbuat. Hard bad sectors Tidak dapat Diperbaiki, namun bisa di cegah.

Soft bad sector terjadi ketika Error Correction Code(ECC) di temukan di sektor yang tidak sesuai dengan isi sektor tersebut. Sebuah soft bad sector kadang di menjelaskan seperti  "hard drive formatting wearing out" - they are logical errors, not the physical ones. Ini bisa diperbaiki dengan cara menulis ulang segalanya di Disk sampai dengan nol.

Cara memperbaiki Bad Sector, Windows memiliki alat Check Disk(pengecek piringan), bernama "Chkdsk". sangat di sarankan untuk menjalankan program ini setiap waktu. Program ini bisa mencari error pada piringan, memperbaiki logical errors, Menditeksi dan menandai bad sectors, jadi Untuk Windows tidak ada salahnya untuk mencoba program ini. Dengan cara ini dapat mencegah komputer Anda Menjadi menjadi tidak stabil
 . 
Hanya saja akan sedikit merugikan, Pikirkan – Check Disk akan membutuhkan waktu yang banyak untuk menjalankan tugasnya. ini di sebabkan banyak sebab,seperti kecepatan PC, Banyaknya folder/File , jumlah RAM, dan ukuran Disk. Jadi Untuk yang terbaik jalankan Check Disk hanya Jika anda tidak membutuhkan komputer untuk beberapa saat.

Lalu Windows Chkdsk kadang ingin akses khusus ke komputer. dalam banyak kasus dia akan bertanya untuk reboot(restart) dan di jalankan tepat setelah komputer di reboot , jadi anda tidak dapat meng-akses PC anda. Tentu saja, anda bisa selalu menghentikan proses , tapi itu bukanlah ide yang bagus.

Cara menjalankan Check Disk:
1.Klik Start > My Computer/Computer 
2.Klik kanan partisi yang akan di Cek lalu pilih "Properties"

(Gambar 01)

3.Klik "Tools" pada tab Error-checking Klik "Check now"

(Gambar 02)

 4.Ceklis "scan for and attempt recorvery of bad sector" lalu klik "start"

(Gambar 03)

5. Setelah selsai windows akan menjelaskan apakah ada error di harddisk anda.
dalam kasus saya jika harddisk bermasalah mungkin sebelum selsai pun akan terjadi "blue screen" 
Mencegah Bad Sector
Anda bisa mencegah terjadinya bad sector(Lebih baik daripada berusaha memperbaikinya!) dengan kewaspadaan terhadap hardware dan software pada komputer anda.
mencegah bad sectors yang di sebabkan hardware
  1. Pastikan  komputer anda tetap dingin dan bebas debu
  2. Pastikan anda membeli hardware berkualitas bagus dari merek terpercaya
  3. Selalu memindahkan komputer anda dengan hati hati
  4. Jaga kabel data anda se pendek mungkin
  5. Selalu mematikan komputer anda dengan benar - Gunakan Power supply yang dapat menyimpan listrik sementara jika rumah anda sering mati lampu mencegah bad sectors menggunakan software
  6. Gunakan program Disk Defragmenter secara terjadwal otomatis untuk membantu mencegah "kepala" membentur (kepala yang membentur bisa membuat bad sector). Disk defragmentation mengurangi Pengerasan data, dan membuat haddisk panjang umur dan tidak mudah terkena bad sector
  7. Jalankan anti virus berkualitas dan anti-malware software dan gunakan program yang terbaru.

Mengetahui Harddisk sudah mulai sekarat ! 
Untuk mengetahui harddisk suda sekarat atau belum bisa di lakukan dengan cara berikut
  1. Lihat indikator harddisk pada LED chasing, jika menyala terus berarti ada masalah dengan harddisk anda
  2. Lambatnya booting saat memulai windows (sekitar 8-15 menit)
  3. Desktop sering "not responding" dan lambat saat memulai program

Untuk mengetahui Apakah harddisk sudah rusak atau belum pada harddisk yang menggunakan S.M.A.R.T, dapat memasukan perintah pada CMD seperti berikut :

  1. Buka command prompt dengan cara klik windows(gambar jendela di keyboard)+R lalu isi "CMD" dan enter
  2. Masukan perintah berikut ini: "wmic" "diskdrive get status" (Tanpa tanda Kutip Dua !)

Jika keluar tulisan "OK" berarti harddisk anda baik-baik saja dan jika selain itu berarti ada masalah pada harddisk anda.

Sekian artikel mengenai Bad Sector, kunjungi artikel-artikel lainnya di Zie Informasiku untuk mendapatkan ilmu seputar komputer !
Simple but Sure, Semoga Bermanfaat . . .

No comments

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan tidak melecehkan.. Biasakan tidak menggunakan komentar anonym dan NO SPAM !!!

Powered by Blogger.