Pengertian RAM (Random Access Memory) Beserta Jenisnya !



Kembali lagi di zieinformasiku.blogspot.co.id, disini saya akan menjelaskan mengenai Pengertian RAM (Random Access Memory) Beserta Jenisnya ! Check This Out . . .
Pengertian RAM, fungsi RAM dan jenis RAM (random access memory) - RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang merupakan salah satu bagian terpenting di dalam sebuah komputer. Lalu, apa itu sebenarnya RAM?

RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan sementara saat komputer tengah dijalankan dan bisa diakses secara random alias dengan acak. Fungsi dari RAM itu sendiri untuk mempercepat pemrosesan data di dalam komputer. Maka jika semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah kinerja pada komputer. Berikut ini beberapa jenis-jenis dari RAM.

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang menyimpan setiap bit data terpisah pada kapasitor di dalam satu sirkuit terpadu.
       [Gambar : DRAM]

2. SRAM (Static Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang tidak menggunakan kapasitor, yang menyebabkan SRAM tidak perlu lagi untuk disegarkan secara berkala seperti halnya DRAM.
[Gambar : SRAM]

3. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang  mampu menyimpan dan mengambil isi dari memori secara bersama, sehingga kecepatan baca dan tulis akan menjadi lebih cepat.
[Gambar : EDORAM]

4. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM dinamis yang kecepatannya lebih cepat dibandingkan EDORAM.
[Gambar : SDRAM]
Itulah penjelasan mengenai RAM (Random Access Memory) Beserta Jenisnya, kunjungi pengetahuan² komputer di zieinformasiku.blogspot.co.id  lainnya. Terima kasih atas kunjungannya . . .


No comments

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan tidak melecehkan.. Biasakan tidak menggunakan komentar anonym dan NO SPAM !!!

Powered by Blogger.